KEEFEKTIFAN METODE THINK-TALK-WRITE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII MTs NURUL ISLAM SUMBERMULYO TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Muhammad Zainal Habib Universitas PGRI Semarang
  • Suyoto Universitas PGRI Semarang
  • Arisul Ulumuddin Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Think Talk Write, menulis, teks berita

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya ketrampilan dan minat menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Sumbermulyo tahun ajaran 2022/2023, yang diketahui dari hasil wawancara terhadap guru. Model yang perlu digunakan adalah model pembelajaran Think Talk Write (TTW). Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling, dengan teknik analisis data uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh masing-masing siswa dalam menulis teks berita yaitu 73, pada uji reliabilitas pretest dan posttest dengan menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Nilai tersebut termasuk dalam kategori baik, rata-rata nilai telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah diterapkan di MTs Nurul Islam Sumbermulyo Tlogowungu Pati yaitu 70. Jadi, terdapat Keefektifan metode Think Talk Write dalam pembelajaran menulis teks berita. Penggunaan metode ini bisa dikatakan efektif karena metode Think Talk Write (TTW) mampu membangkitkan minat belajar dan reatifitas siswa dalam menulis teks berita.

Downloads

Published

2022-12-28