PENERAPAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKS PROPOSAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER GENAP SMA PGRI 2 KAYEN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Nur Ikhsan Universitas PGRI Semarang
  • Asropah Universitas PGRI Semarang
  • Mukhlis Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Project Based Learning, teks proposal

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pencapaian peserta didik dalam pembelajaran teks proposal dan peserta didik seakan pasif dalam melakukan pembelajaran teks proposal. Mengacu hal tersebut, dalam hal ini perlu diterapkan model pembelajaran yang baru. Pembelajaran model Project Based Learning ini menjadi pilihan yang sesuai karna setelah diterapkannya peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran teks proposal. Maka dari itu, penelitian ini mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran teks proposal pada peserta didik kelas XI semester genap SMA PGRI 2 Kayen tahun pelajaran 2021/2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan model Project Based Learning dalam pembelaaran teks proposal pada peserta didik kelas XI semester genap SMA PGRI 2 Kayen tahun pelajaran 2021/2022? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning dalam pembelaaran teks proposal pada peserta didik kelas XI semester genap SMA PGRI 2 Kayen tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik simpulan bahwa model Project Based Learning dapat diterapkan pada peserta didik khusunya pada pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pembelajaran teks proposal. Model ini dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru dalam mengajarkan materi teks proposal.

Downloads

Published

2022-12-28