PENERAPAN METODE SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENTS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI MIPA SMANEGERI 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Riza Umami Universitas PGRI Semarang
  • Siti Ulfiyani Universitas PGRI Semarang
  • Zainal Arifin Universitas PGRI Semarang

Keywords:

menulis, teks eksplanasi, metode SOLE

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dua hal yaitu pertama, pembelajaran yang dilakukan masih terkesan konvensional karena guru masih menerapkan metode ceramah, hal tersebut disebabkan belum diterapkannya metode pembelajaran yang menarik. Informasi kedua, yaitu siswa masih perlu dimotivasi agar mereka lebih semangat dan antusias dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode pembelajaran Self Organized Learning Environments dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Pati Tahun Pelajaran 2021/2022? Penelitian memiliki tujuan untuk mendeskrepsikan penerapan metode pembelajaran Self Organized Learning Environments dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam mengambil data penelitian, menggunakan teknik tes dan nontes. Berdasarkan hasil penelitian siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran. Dapat dibuktikan dengan hasil tes menulis teks eksplanasi dengan rata-rata nilai siswa 85 dari 30 siswa ang mengikuti tes. Pada analisis ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Self Organized Learning Environments lebih mempermudah siswa dalam pembelajaran serta menjadikan siswa lebih aktif dan kreatif.

Downloads

Published

2022-12-28