PENERAPAN METODE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS II SDN TLOGOSARI KULON 02 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Roch Endah Herminingtyas SDN Tlogosari Kulon 02 Kota Semarang

Keywords:

Think-Pair-Share, hasil belajar, menulis deskripsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui hasil belajar dan tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi di SDN Tlogosari Kulon 02 sebelum penerapan Think Pair Share. 2. Mengetahui hasil belajar dan tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran menulis deskripsi di SDN Tlogosari Kulon 02 setelah penerapan Think Pair Share. Methode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah siswa SDN Tlogosari Kulon 02 Th Pelajaran 2022/2023 sebanyak 28 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan menulis deskripsi siswa kelas 2 semester 1 SDN Tlogosari Kulon 02. Data kemampuan menulis deskripsi di kumpulkan melalui tes berbentuk objektif yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan methode Pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam menulis deskripsi. Pada refleksi awal, hasil belajar di awal rata-rata prosentase 58,92% dengan kategori kurang, sedangkan rata-rata persentase keaktifan menulis deskripsi siswa hanya mencapai 60,77%. Setelah siklus 1 hasil belajar menulis deskripsi rata-rata persentase 73,21% dengan kategori cukup, dan rata-rata persentase keaktifan menulis deskripsi siswa menunjukkan peningkatan mencapai 76,48%. Pada akhir siklus 2, hasil belajar menulis deskripsi rata-rata persentase mencapai 90,53% dengan kategori baik, dan rata-rata keaktifan menulis deskripsi siswa mencapai 80,77%.

Downloads

Published

2022-12-28