MENGGALI POTENSI TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN: MENDALAMI TPACK DAN TAKSONOMI DIGITAL BLOOM

Authors

  • Eric Kunto Aribowo Universitas Widya Dharma

Keywords:

teknologi pendidikan, TPACK, Taksonomi Digital Bloom, pembelajaran berbantuan teknologi

Abstract

Penggunaan teknologi dalam pembelajaran telah menjadi kebutuhan mendesak dalam konteks pendidikan saat ini. Namun, masih banyak pendidik yang menghadapi tantangan dalam memahami dan mengintegrasikan teknologi dengan efektif ke dalam proses pembelajaran. Dalam upaya untuk mengatasi masalah ini, makalah ini bertujuan untuk mendalami konsep TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dan Taksonomi digital Bloom serta menyajikan rekomendasi aplikasi yang relevan. Sebanyak 24 aplikasi terpilih dari hasil review dan uji coba dengan pertimbangan dari sisi keamanan, biaya, ketersediaan versi edukasi, sumber daya, dan kemudahan penggunaan. Tujuan utama makalah ini adalah memberikan pemahaman yang mendalam tentang konsep TPACK dan Taksonomi digital Bloom kepada pendidik serta menyediakan rekomendasi aplikasi teknologi yang bermanfaat dalam pengembangan pembelajaran yang lebih interaktif dan efektif serta mengakomodasi kecakapan abad ke-21. Makalah ini diharapkan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pembelajaran berbasis teknologi, memperkuat pemahaman tentang TPACK dan Digital Taksonomi Bloom, serta memberikan sumber daya yang berharga bagi pendidik dalam mengintegrasikan teknologi dengan lebih baik di dalam kelas. Makalah ini dapat menjadi pedoman praktis dan teoretis bagi pendidik dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan potensi teknologi dalam pendidikan.

Downloads

Published

2023-12-28