MEMBANGUN KESADARAN KEBHINEKAAN GLOBAL MELALUI PRAKTIK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KURIKULUM MERDEKA
Keywords:
kebhinekaan global, pembelajaran Bahasa Indonesia, Kurikulum MerdekaAbstract
Hampir tiap tahunnya, Indonesia berhadapan dengan tantangan yang semakin berat, baik secara nasional maupun global, khususnya dalam bidang integritas bangsa. Hadirnya Kurikulum Merdeka, seolah merupakan upaya pemerintah dalam menjawab tantangan tersebut melalui bidang pendidikan. Salah satu muatan dalam Kurikulum Merdeka adalah proyek penguatan profil pelajar pancasila yang dirumuskan sebagai dimensi kunci dalam Kurikulum Merdeka. Salah satu dimensi yang relevan dalam konteks tantangan integrasi bangsa adalah kebhinekaan global. Kesadaran kebhinekaan global bukanlah kararter yang secara intuitif tumbuh dan berkembang dalam diri manusia. Hal ini menyebabkan perlu adanya proses membangun kesadaran kebhinekaan global tersebut melalui sebuah medium yang strategis, dalam hal ini pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah sudah tentu memiliki koherensi dan kohesivitas dalam membangun kebhinekaan global melalui tema-tema pembelajaran, rangkaian kegiatan belajar yang terintegrasi dengan teks-teks dalam materi yang dihadirkan dalam sajian pembelajaran di kelas.