MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK MELALUI REVITALISASI NILAI CERITA RAKYAT NUSANTARA

Authors

  • Arinah Fransori Universitas Indraprasta PGRI
  • Endang Sulistijani Universitas Indraprasta PGRI
  • Friza Youlinda Parwis Universitas Indraprasta PGRI

Keywords:

pendidikan karakteri anak, nilai cerita rakyat

Abstract

Pendidikan merupakan upaya dan usaha yang dilakukan untuk mengembangkan potensi diri, kemampuan individu untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan. Pendidikan bertujuan untuk membawa dan membina peserta didik menjadi individu yang memiliki keterampilan, kecerdasaan, berakhlak dan berbudaya. Membangun karakter pendidikan anak amatlah penting guna menciptakan generasi muda yang berbudi pekerti baik dan berakhlak mulia. Sebagai usaha mewujudkan karakter tersebut, dilakukanlah revitalisasi nilai-nilai cerita rakyat nusantara, yang memilih makna dan ragam cerita yang mengandung khasanah dan budaya nusantara. Nilai-nilai cerita tersebut sebagai konten pembangun dan pembentuk karakter anak bangsa. Melalui pengajaran sastra anak dibimbing untuk belajar memiliki kemampuan bersastra dan memiliki karakter yang kuat. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif-analitif dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research). Metode yang digunakan adalah dengan mencari informasi yang berhubunganan relevan terkait penelitian. Pada tahap penelitiannya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi dan kajian kritis. Berdasarkan pengamatan, hasil analisis dan kajian kritis yang dilakukan diperoleh konsep dan teknik-teknk pembelajaran sastra dengan revitalisasi nilai-nilai cerita rakyat nusantara.

Downloads

Published

2023-12-28