SASTRA ERGODIK DALAM GIM ZEPETO: KAJIAN LUDOLOGI
Keywords:
Zepeto, sastra ergodik, Ludologi, metaverse, gimAbstract
Zepeto adalah sebuah gim yang dikembangkan oleh Naver Z Corporation dari Korea Selatan. Dengan Zepeto para pemain bisa berkreasi membuat avatar 3D yang terhubung dengan ruang obrolan. Dalam ruang obrolan tersebut pemain bisa berinteraksi dengan pemain lain layaknya di kehidupan nyata. Zepeto sendiri masuk kategori role playing game, di mana dalam jenis gim tersebut, setiap pemain bisa menjadi karakter fiksi di dalam gim sesuai keinginan. Pola gim tersebut selaras dengan konsep Sastra Ergodik yang ada interaksi antara produsen (baca: penulis) dengan konsumen (baca: pembaca). Dalam Sastra Ergodik, setiap pembaca bebas dan leluasa memilih alur mana dulu untuk dibaca. Untuk mengkaji Zepeto, kami memakai Ludologi untuk mengkaji fenomena Zepeto. Hasilnya adalah Zepeto mempunyai interaksi yang unik dalam lingkungan metaverse, karakterisasi yang spesifik, dan aturan permainan yang mudah dijalankan oleh para pemainnya.