KAJIAN KRITIS BUKU TEKS KURIKULUM MERDEKA DALAM PERSPEKTIF TATABAHASA PEDAGOGIS

Authors

  • Andoyo Sastromiharjo Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

buku teks, genre teks, Kurikulum Merdeka, tata bahasa pedagogis

Abstract

Buku teks merupakan buku pelajaran yang telah melalui pertimbangan, baik dari segi keterbacaan, ketaatan pada kaidah, maupun pertimbangan psikologis. Pertimbangan tersebut berkenaan dengan deskripsi materi, jenis teks, dan kaidah bahasa yang digunakan. Jika kondisi buku teks berbanding terbalik dengan ketentuan yang ada, peserta didik akan mengalami kendala untuk memahami dan mencapai tujuan pembelajaran. Melalui penelaahan terhadap deskripsi materi dan teks yang ada pada buku teks SMA Kurikulum Merdeka dengan menggunakan perspektif tatabahasa pedagogis diharapkan dapat mengungkap kualitas buku teks. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis terhadap buku teks Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X yang berjudul Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Setiap deskripsi materi dan teks ditelaah berdasarkan enam kriteria tatabahasa pedagogis, yakni benar, terbatas, jelas, sederhana, hemat, dan berhubungan (Swan,1994). Berdasarkan hasil telaah diperoleh simpulan bahwa buku teks Pelajaran Bahasa Indonesia kelas X masih belum memenuhi kriteria tatabahasa pedagogis. Bahkan, pelanggaran ada yang bersifat pengulangan. Artinya, kesalahan dalam penggunaan bahasa Indonesia sudah masuk ke ranah "error" tidak lagi bersifat "mistake". Hasil kajian kritis ini memperlihatkan kekurangsempurnaan penggunaan bahasa Indonesia dalam buku teks. Besaran persentase yang berada pada 30% menunjukkan perlu adanya revisi sehingga buku teks bahasa Indonesia dapat menjadi panduan bagi peserta didik untuk mempelajari bahasa Indonesia lebih mudah.

Downloads

Published

2023-12-28