MEMBANGUN METAKOGNITIF DALAM MENULIS MENGGUNAKAN TEKNIK SCAFFOLDING

Authors

  • Tintin Susilowati IAIN Ponorogo
  • Anis Rahmadhani IAIN Ponorogo

Keywords:

metakognitif, teknik Scaffolding, keterampilan menulis

Abstract

Keterampilan menulis belum menjadi kebiasaan bagi mahasiswa walaupun keterampilan ini telah dipelajari sejak di sekolah dasar. Banyak mahasiswa masih mengalami hambatan mengungkapkan gagasannya secara berterima dalam Bahasa tulis, sehingga pesan dalam tulisan menjadi sulit dipahami. Untuk itu Teknik Scaffolding dapat memfasilitasi mahasiswa membangun kemampuan metakognitif dalam menulis. Teknik Scaffolding membantu siswa agar dapat secara bertahap menuangkan gagasannya dengan menggunakan suatu rangkaian kegiatan secara berurutan yang di petakan secara sistematis sehingga mendorong siswa untuk mampu menuangkan idenya secara sistematis. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif, artikel ini menggambarkan penerapan Teknik Scaffolding dalam membantu mahasiswa agar mampu melakukan pemetaan dalam tulisan sehingga tulisan yang dihasilkan memenuhi kriteria unity, coherence, dan cohesion. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi, interview dan dokumentasi dan data di analisa menggunakan analisis interaktif. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan Teknik Scaffolding memudahkan mahasiswa untuk mengorganisasikan gagasannya pada bagian (1) pendahuluan, mahasiswa menjadi lebih efektif dalam menuliskan cakupan tulisan, (2) inti, mahasiswa mampu mengelaborasi secara rinci fokus pembahasannya; (3) penutup, mahasiswa mampu mensintesis ide yang telah dipaparkan pada pendahuluan dan inti. Implikasi dari artikel ini adalah Teknik Scaffolding membantu mahasiswa membangun keterampilan mahasiswa mengelola kegiatan berfikir agar dapat menuangkan gagasan sistematis dan komprehensif.

Downloads

Published

2023-12-28