INVESTIGASI DAMPAK METODE SAVI PADA KEMAHIRAN MEMBACA PEMAHAMAN DITINJAU DARI MINAT MEMBACA
Keywords:
minat, metode SAVI, membaca pemahamanAbstract
Membaca pemahaman merupakan keterampilan yang harus dimiliki siswa karena dalam proses pembelajaran tidak lepas dari memahami materi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dampak penggunaan metode SAVI terhadap kemampuan membaca pemahaman ditinjau dari minat membaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini quasi experiment factorial design. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor A= Fhitung sebesar 40.71252 dan Ftabel sebesar 4.012973, Fhitung> Ftabel H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya, minat membaca berdampak terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Faktor B= Fhitung sebesar 83.44582 dan Ftabel sebesar 4.012973, Fhitung> Ftabel H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya, metode SAVI berdampak terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Selanjutnya, interaksi Faktor A dan Faktor B, Fhitung sebesar 4.07947 dan Ftabel sebesar 4.012973, Fhitung> Ftabel H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya, minat membaca dan metode SAVI berdampak terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa.