PRAKTIK BAIK MODEL PEMBELAJARAN PROYEK UNTUK MENYIAPKAN CALON GURU BAHASA DAN SASTRA INDONESIA YANG PROFESIONAL

Authors

  • Khaerudin Kurniawan Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

belajar-pembelajaran, praktik baik, pembelajaran berbasis proyek

Abstract

Model pembelajaran yang selama ini lebih mengedepankan teacher oriented tidak dapat menggali potensi para mahasiswa secara optimal. Oleh karena itu, kami memilih dan menawarkan model pembelajaran proyek (Team Based Project Learning). Model pembelajaran proyek merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada kreativitas mahasiswa, yang kemudian dinyatakan dalam bentuk kegiatan dan karya yang didokumentasikan sebagai persiapan mahasiswa menjalani program pengenalan lapangan satuan pendidikan (PPLSP).

Penelitian ini tergolong ke dalam action research. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, digunakan metode penelitian tindakan dengan tujuan untuk memperbaiki berbagai persoalan nyata dan praktis dalam meningkatkan mutu pembelajaran di kelas dalam interaksi antara dosen dengan mahasiswa. Proses penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tahap-tahap kegiatan ini akan terus berulang dalam beberapa siklus sampai suatu permasalahan dianggap teratasi.

Dengan penelitian ini diharapkan dapat dirumuskan cara yang efektif dalam mengimplementasikan praktik yang baik model pembelajaran proyek untuk mengembangkan profesionalisme calon guru Bahasa dan Sastra Indonesia. Di samping itu, Praktik yang Baik model pembelajaran proyek dapat meningkatkan kinerja dan profesionalisme mahasiswa dalam menunaikan tugasnya nanti sebagai tenaga pendidik yang profesional. Mereka pun dapat belajar lebih efektif dan lebih terfokus karena proses yang mereka jalani berdasarkan masalah yang mereka hadapi di lapangan.

Downloads

Published

2023-12-28