PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Keywords:
YouTube, keterampilan menulis, teks prosedurAbstract
Rumusan masalah penelitian ini (1) Mengapa media YouTube bermanfaat dalam pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur di Sekolah Menengah Pertama (SMP)? (2) Hambatan-hambatan apa saja yang muncul dalam pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur dengan pemanfaatan media YouTube di SMP? Sesuai dengan rumusan masalah di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan-alasan sehingga media YouTube bermanfaat dalam pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur di SMP, dan mengetahui hambatan-hambatan yang muncul dalam pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur dengan pemanfaatan media YouTube di SMP. Metode penelitian dengan deskriptif paradigma kualitatif. Keterampilan menulis teks prosedur dan pemanfaatan media YouTube adalah variabel yang diteliti. Siswa kelas VII semester gasal SMP Negeri 1 Simo, Boyolali, adalah subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur, YouTube dimanfaatkan terutama memaparkan langkah-langkah atau prosedur sebuah kajian, dan (2) kendala-kendala yang ada dalam pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur dengan pemanfaatan media YouTube di SMP dikelompokkan menjadi dua, yakni dari faktor siswa dan faktor guru.