ASIMETRI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS DENGAN KOMPETENSI UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI: STUDI PENDAHULUAN.

Authors

  • Halimah Milladunka Nazilah Universitas Brawijaya
  • Eti Setiawati Universitas Brawijaya

Keywords:

asimetri, pembelajaran berbasis teks, kompetensi masuk perguruan tinggi

Abstract

Isu ketidaksesuaian materi Bahasa Indonesia yang dipelajari dan diujikan menjadi momok tahunan bagi siswa SMA/sederajat yang menghadapi ujian masuk perguruan tinggi negeri. Hingga saat ini, isu mutakhir tersebut membutuhkan penanganan sesegera mungkin karena ditemukan kecemasan tingkat sangat tinggi pada siswa SMA/sederajat. Penelitian ini bertujuan mengkaji ketidaksesuaian pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks di sekolah dengan kompetensi Bahasa Indonesia yang dibutuhkan dalam ujian masuk perguruan tinggi negeri. Melalui jenis penelitian kualitatif-deskriptif dengan teknik studi dokumen dan analisis isi didasarkan pada data empiris di lapangan, diperoleh hasil penelitian yakni kebutuhan kompetensi ujian masuk perguruan tinggi negeri lebih menjurus pada keterampilan penalaran teks yang menekankan aspek penalaran kritis dan pemahaman kebahasaan siswa secara komprehensif sedangkan materi pembelajaran di sekolah lebih condong pada materi pembelajaran berbasis teks secara struktural. Penelitian ini menawarkan dua alternatif solusi yaitu pemberian satu unit baru dalam capaian pembelajaran Bahasa Indonesia yang berfokus pada penguasaan aspek kebahasaan dan peningkatan keterampilan penalaran teks ataupun dengan meleburkan kedua fokus tersebut pada kurikulum yang sudah ada sebagai respons atas isu ketidaksesuaian materi pembelajaran Bahasa Indonesia. Jadi dapat disimpulkan bahwa ketidaksimetrisan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi ujian masuk perguruan tinggi negeri menjadi sebuah polemik yang diharapkan menggerakkan pihak terkait untuk mengadaptasikan diri dengan kondisi lapangan.

Downloads

Published

2023-12-28