CULTURAL STUDIES DALAM BUDAYA JUAL BELI ONLINE
Keywords:
cultural studies, jual-beli online, hegemoniAbstract
Kajian budaya atau cultural studies merupakan perbincangan yang fokus pada isu kekuasaan, politik, dan perubahan sosial. Kajian budaya membahas tentang kebiasaan atau budaya yang sering terjadi pada masyarakat yang secara tidak sadar telah menghasilkan sebuah hegemoni yang disebabkan oleh kesadaran palsu, salah satunya yaitu jual beli online. Pembahasan culture studies dalam konteks ini tidak terlepas dari adanya budaya pop yang didefinisikan sebagai budaya yang banyak dinikmati, diminati, dan disukai oleh khalayak secara umum. Tulisan ini membahas tentang bagaimana budaya jual beli online bisa menghegemoni para penggunanya, sehingga pembaca bisa memahami lebih dalam tentang fenomena ini dan dampaknya pada masyarakat digital saat ini. Pendekatan etnografi kritis digunakan dalam penelitian ini karena pendekatan tersebut bisa digunakan untuk mengeksplorasi faktor-faktor tersembunyi, tantang kekuatan atau kekuasaan bagaimana dan hegemoni memengaruhi suatu masyarakat serta berupaya membongkar hal-hal yang tersembunyi di balik ‘sebuah’ realitas.