STUDI KASUS PERSPEKTIF GENERASI Z TERHADAP PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PRODUKTIF DI PRODI PBSI UNIVERSITAS MURIA KUDUS

Authors

  • Agus Darmuki Universitas Muria Kudus
  • Tanti Septiani Universitas Muria Kudus
  • Inaayatul Chusna Universitas Muria Kudus
  • Ivan Thoriq Ash Shiddiqie Universitas Muria Kudus

Keywords:

perspektif, Generasi Z, keterampilan produktif, studi kasus

Abstract

Keterampilan produktif (Berbicara dan Menulis) merupakan mata kuliah yang dianggap sulitbagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) karena berbasis praktik dan membutuhkan keterampilan berkelanjutan. Saat ini, bahkan dalam beberapa literatur dipaparkan secara eksplisit bahwa keterampilan produktif bahan bakunya didapatkan dari keterampilan menyimak dan membaca, hal ini yang menjadikan sudut pandang mahasiswa terhadap mata kuliah keterampilan produktif sesuatu yang sulit dan tidak instan. Mahasiswa PBSI semester 2 termasuk kategori generasi Z memiliki kedekatan tinggi dengan penggunaan teknologi, membuat mereka lebih mudah dalam mengakses berbagai macam informasi sehingga dalam permasalahan keterampilan produktif. Tujuan penelitian ini mengkaji lebih dalam pandangan generasi Z terhadap pembelajaran keterampilan produktif. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa semester 2 di Prodi PBSI Universitas Muria Kudus (UMK). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini, yaitu: (1) Generasi Z pada mahasiswa di PBSI; (2) Problematika Pembelajaran mata kuliah keterampilan produktif; (3) Model dan Media Pembelajaran keterampilan produktif yang diterapkan di Prodi PBSI; (4) Pandangan Generasi Z terhadap pembelajaran keterampilan produktif. Kesimpulannya, pembelajaranketerampilan produktif di kalangan generasi Z, khususnya di Prodi PBSI UMK mengalami perkembangan yang baik, terbukti dari pandangan generasi ini yang sadar akan pentingnya mata kuliahketerampilan produktif dan penggunaan teknologi dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2023-12-28