STUDI KASUS PERSPEKTIF DOSEN TERHADAP PEMBELAJARAN MATA KULIAH BIPA DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Keywords:
studi kasus, pembelajaran, mata kuliah BIPA, dosenAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya pembelajaran BIPA di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) di Universitas Muria Kudus. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kendala dan solusi pembelajaran mata kuliah BIPA di Prodi PBSI Universitas Muria Kudus (UMK). Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpul data menggukan observasi dan wawancara dengan dosen pengampu mata kuliah BIPA di PBSI UMK. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kendala dalam pembelajaran mata kuliah BIPA di Prodi PBSI yaitu tidak adanya mahasiswa asing regular di PBSI Universitas Muria Kudus mengakibatkan saat mahasiswa PBSI praktik pembelajaran BIPA terkendala pada peserta mahasiswa asing; (2) Solusi yang dilakukan oleh dosen pengampu mata kuliah BIPA dengan mendatangkan mahasiswa asing dari kampus lain yang sudah kerjasama dengan Prodi PBSI UMK misalnya mahasiswa asing yang kuliah di UIN Walisongo Semarang. Selain itu peserta mahasiswa asing bisa di kondisikan pada mahasiswa asing yang student exchange di UMK misalnya mahasiswa dari Philipina, Thailand, Vietnam, Prancis dan lain-lain. Simpulan pembelajaran Mata kuliah BIPA yang dilaksanakan di Prodi PBSI tetap bisa berjalan dengan baik dan maksimal sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan oleh dosen.