KOMPETENSI LITERASI KRITIS SISWA YANG BERMUKIM DI DAERAH LINGKUNGAN SUNGAI

Authors

  • Jumadi Universitas Lambung Mangkurat

Keywords:

kompetensi, literasi kritis, literer

Abstract

Banjarmasin dikenal sebagai kota Seribu Sungai. Siswa di kota ini biasanya hidup dalam lanskap alam sungai. Oleh karena itu, mereka perlu memiliki kompetensi literasi kritis tentang lingkungan sungai agar mereka dapat menjaga lingkungannya. Tujuan makalah ini mendeskripsikan tentang: tingkat kompetensi literasi kritis siswa SMPN di Kota Banjarmasin; pelaksanaan pembelajaran literasi kritis di SMPN di Kota Banjarmasin; dan ketersediaan sumber pustaka untuk mendukung peningkatan literasi kritis siswa SMPN di Banjarmasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru yang berasal dari tujuh SMPN yang berada di daerah bantaran sungai di Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan nontes. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan program SPSS dan data kualitatif dianalisis dengan teknik analisis teks.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi literasi kritis literasi kritis siswa SMPN tergolong rendah dengan rata-rata sebesar 57,23; pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran membaca belum semuanya mengarah kepada pelaksanaan pendekatan saintifik atau penedekatan lain yang menekankan siswa aktif; materi pembelajaran literasi kritis masih terfokus kepada pemahaman struktur dan isi teks dan belum menyentuh kepada telaah kritis terhadap teks dan implikasi dari isi teks itu untuk keperluan kehidupan bermasyarakat, terutama terkait dengan kehidupan pada bantaran sungai; dan belum tersedia sumber pustaka yang memadai untuk mendukung pembelajaran literasi kritis.

Downloads

Published

2023-12-28