PENGUATAN KARAKTER KEPEMIMPINAN MELALUI SOSOK “AYAH” DALAM PENULISAN TEKS BIOGRAFI MAHASISWA PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA

Authors

  • Tri Indrayanti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

karakter kepemimpinan, ayah, teks biografi, mahasiswa

Abstract

Karakter merupakan ciri khas dan dimiliki seseorang yang mengandung nilai, kemampuan, kapasitas moral, dan ketegaran dalam menghadapi kesulitan dan tantangan. Karakter bisa dikatakan sebagai sifat, persepsi, baik-buruk seseorang dalam menerapkan etika nilai, moral, emosi, dan berbagai kemampuan kejiwaan lain yang dicerminkan dalam perilaku seseorang.

Kepemimpinan dimaknai sebagai metode, sarana atau proses untuk membujuk orang agar bersedia melakukan sesuatu secara suka rela. Kepemimpinan dikatakan sebagai serangkaian kegiatan penataan yang mampu mempengaruhi tingkah laku orang lain dalam situasi tertentu agar tercapai tujuan yang direncanakan. Nilai kepemimpinan sudah dapat dilihat di lingkungan keluarga. Keluarga merupakan bagian terkecil di dalam masyarakat. Dalam keluarga, ayah memiliki peranan penting dalam membentuk karakter anak. Dalam kehidupannya, anak akan selalu menjadikan ayah sebagai roles model dalam kehidupan mendatang, termasuk mahasiswa. Dalam proses menulis teks biografi, mahasiswa akan menuangkan secara tersurat apa yang dialami dan dirasakan dalam kehidupannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penguatan karakter sosok ayah yang terdapat di dalam teks biografi mahasiswa. Hasil karya biografi yang ditulis mahasiswa tidak terlepas dari peran ayah sebagai kepala keluarga. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah karya berupa teks biografi mahasiswa, sedangkan data penelitian berupa kata, frase, dan kalimat dalam teks biografi mahasiswa. Data yang diperoleh akan diidentifikasi seberapa besar peran sosok ayah dalam penguatan karakter kepemimpinan terhadap mahasiswa. Selain itu juga diketahui persentase seberapa banyak mahasiswa yang mengangkat sosok ayah di dalam proses menulis biografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mengidentifikasi isi teks biografi mahasiswa yang memuat peran sosok ayah dalam penguatan kepemimpinan di keluarga. Hasil penelitian menunjukkan ada 82,5% mahasiswa secara tersurat menulis pengaruh sosok ayah dalam teks biografi yang ditulisnya. Seperti dalam data Andini merupakan siswa berprestasi... Ayahnya bekerja menjadi Prajurit TNI AD... Andini selalu ingat pesan ayahnya untuk selalu konsisten dalam belajar (APW.MAT.225500001.PKP12). Data tersebut juga terlihat jelas bahwa karakter kepemimpinan sosok ayah sangat mempengaruhi mahasiswa dalam pencapaian prestasi yang diperolehnya. Selain itu karakter sosok ayah juga terlihat sebagai panutan dalam meraih pekerjaan serupa, dukungan ayah dalam meraih cita-cita, sosok ayah sebagai pelindung, dan bentuk penguatan kepempimpinan lainnya. Sedangkan 17,5% data menunjukkan sebagian mahasiswa menulis teks biografi tentang cita-cita yang ingin diraihnya seperti di dalam data dengan segala...dia memiliki cita-cita menjadi orang sukses dan kaya raya... (INQ.BK.2250000xx.TPKP5). Di dalam data yang tidak mengangkat sosok ayah hanya menuangkan tentang kehidupan pribadi, hobby, pendidikan, dan juga cita-cita yang akan diraih. Hasil penelitian diharapkan dapat menginspirasi dan memberi pesan pembaca bahwa sosok ayah memiliki peran yang sangat kuat dalam membentuk karakter kepemimpinan melalui media menulis teks biografi mahasiswa.

Downloads

Published

2023-12-28