PEMANFAATAN TRAVEL ESSAY DALAM PEMBELAJARAN BIPA TINGKAT MENENGAH DI KBRI HANOI: BAGIAN PENUGASAN BIPA PJJ BADAN BAHASA KEMDIKBUD

Authors

  • Rooselina Ayu Setyaningrum Universitas Sanata Dharma

Keywords:

BIPA, BIPA Menengah, SKL BIPA, esai travel

Abstract

Pemelajar BIPA tingkat menengah atas diharapkan dapat mempresentasikan hasil observasi terhadap suatu peristiwa atau pengalaman yang dialami, baik konkret maupun abstrak dengan cukup lancar. Tujuan tersebut dinyatakan dalam SKL BIPA Permendikbud nomor 27 tahun 2017. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan oleh pemelajar dan pengajar untuk mencapai tujuan tersebut adalah travel essay. Sebagai jenis teks makro, travel essay menjadi model teks yang berisi hasil pengamatan dan pengalaman yang diceritakan dengan memperhatikan beberapa ciri kebahasaan. Melalui ciri kebahasaan tersebut, pemelajar belajar struktur frasa kompleks, kalimat pasif dengan ter- dan ke-an, frasa idiomatis, kata ulang, dan majas. Pengajar juga mengenalkan wisata dan budaya kepada pemelajar melalui jenis teks ini. Dalam artikel ini, peneliti memaparkan langkah-langkah pemanfaatan travel essay dalam pembelajaran BIPA tingkat menengah di KBRI Hanoi serta bagian-bagian pada travel essay yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi partisipan. Peneliti sebagai pengamat sekaligus melaksanakan pembelajaran. Selain observasi, peneliti juga menggunakan metode dokumentasi. Yang didokumentasi adalah SKL BIPA untuk melihat kesesuaian travel essay dengan cakupan materi BIPA tingkat menengah.

Downloads

Published

2023-12-28