WACANA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI KOTA DAN KABUPATEN PEKALONGAN DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN MENYIMPULKAN ISI IKLAN DI SMP
Keywords:
Semantik, iklan layanan masyarakat, implikasi pembelajaran iklanAbstract
Penelitian ini memaparkan unsur semantik, konteks sosial, dan implikasi wacana Iklan Layanan Masyarakat (ILM) di Kota dan Kabupaten Pekalongan pada pembelajaran menyimpulkan isi iklan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini ditemukan jenis Iklan Layanan Masyarakat (ILM) berupa tanda (sign), jenis makna leksikal dan hubungan referensial, selanjutnya dalam konteks sosial ditemukan jenis konteks budaya, konteks kesehatan, konteks pendidikan dan konteks ekonomi. Pada penelitian ini diimplikasi dalam pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif dengan mengembangkan hubungan antar kelompok, meningkatkan rasa harga diri, penerimaan terhadap teman sekelas yang lemah dalam bidang akademik, meningkatkankemampuan berpikir, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan kemampuan dan pengetahuan siswa.