URGENSI PEMBELAJARAN RETORIKA DAKWAH DI SEKOLAH
Keywords:
retorika dakwah, pembelajaran SMAAbstract
Berbicara di depan khalayak merupakan kegiatan yang tidak mudah bagi sebagian peserta didik. Salah satu bentuk berbicara di depan khalayak adalah ceramah. Saat ini masih terdapat peserta didik yang kesulitan saat ceramah dengan menggunakan faktor gaya yang tepat. Oleh karena itu, peserta didik harus mampu memahami penggunaan faktor non-kebahasaan untuk menunjang keberhasilan berbicara khususnya berceramah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan urgensi pembelajaran retorika dakwah di SMA. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah pola pengajaran retorika di sekolah. Pengumpulan data menggunakan metode simak, teknik simak bebas libat cakap, dan teknik catat. Hasil penelitian disimpulkan bahwa urgensi pembelajaran retorika dakwah relevan dengan pembelajaran ceramah di kelas XI SMA adalah adanya kesesuaian antara kompetensi dasar yaitu: KD. 3.24 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah berkaitan dengan bidang pekerjaan. Urgensi pokok dalam pembelajaran retorika dakwah ini ini dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran berbicara di kelas XI SMA.