MENILIK KONTEN INSTAGRAM NETFLIX INDONESIA DENGAN KACAMATA ANALISIS WACANA KRITIS JÄGER DAN MAIER

Authors

  • Winasti Rahma Diani Universitas Tidar
  • Asri Wijayanti Universitas Tidar

Keywords:

analisis wacana kritis, drama, film, Jager & Maier, Instagram

Abstract

Perkembangan tren pemasaran digital di Indonesia, mendorong para pelaku usaha untuk konten-konten unggahan di media sosial mendapat perhatian khusus dari para pemilik usaha. Netflix Indonesia memanfaatkan media sosial Instagram untuk memasarkan layanan media streaming. Namun, berbeda dengan konten akun-akun bisnis lain yang terkesan hard selling, konten Netflix Indonesia tampil menarik untuk melibatkan pengikut mereka di media sosial agar dapat berinteraksi secara aktif. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menganalisis bagaimana strategi yang digunakan Netflix Indonesia dalam merekonstruksi wacana film menjadi wacana unggahan di media sosial untuk kebutuhan pemasaran. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah analisis wacana kritis (AWK) Jäger dan Maier (2009) karena berfokus pada tiga unsur wacana yang ada pada film, yaitu praktik diskursif, nondiskursif, dan materialisasi wacana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mendokumentasikan konten-konten unggahan @netflixid selama bulan Juli 2022. Dari data-data yang sudah dikumpulkan tersebut, peneliti tidak hanya menganalisis unsur-unsur pembangun wacananya saja, tetapi juga komentar warganet agar mengetahui bagaimana penerimaan dan tanggapan warganet terhadap konten Instagram @netflixid. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan tiga strategi yang digunakan oleh pembuat konten, yaitu pembentukan wacana dari dua adegan drama yang berbeda, penambahan konteks baru di luar adegan film, dan pemanfaatan adegan drama yang berhubungan dengan kebiasaan warganet.

Downloads

Published

2023-12-28