CULTURAL STUDIES MELALUI PEMBELAJARAN MULTIBAHASA BERBASIS SINIAR

Authors

  • Miftakhul Huda Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Erry Widya Kustanti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nadia Zakiyyah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Siwi Nur Arifah Universitas Muhammadiyah Surakarta

Keywords:

siniar, pembelajaran multibahasa, budaya

Abstract

Pembelajaran multibahasa berbasis siniar telah menjadi pendekatan inovatif dalam dunia pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan budaya usiswa. Pembelajaran multibahasa berbasis siniar memfasilitasi pemahaman budaya yang lebih baik dan meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan teknologi visual yang menarik. Melalui tahap persiapan, implementasi, dan evaluasi, pembelajaran multibahasa berbasis siniar dapat membantu siswa memperoleh pengalaman pembelajaran yang lebih mendalam tentang bahasa asing dan budaya terkait. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan analisis wacana dalam mengumpulkan dan menganalisis data. Hasil penelitian ini mendukung temuan bahwa pembelajaran multibahasa berbasis siniar dapat meningkatkan pemahaman bahasa, keterampilan mendengarkan, dan pengetahuan budaya siswa. Pembelajaran multibahasa berbasis siniar memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih bermakna dan mendalam dalam mempelajari bahasa asing serta memahami budaya terkait.

Downloads

Published

2023-12-28