MERDEKA BELAJAR MELALUI LESSON STUDY DALAM MENYIAPKAN CALON PENDIDIK ANDAL
Keywords:
lesson study, microteaching, kurikulumAbstract
Perwujudan merdeka belajar melalui Lesson Study benar-benar dirasakan manfaatnya dalam menyiapkan tenaga pendidik yang andal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mahasiswa pada model Lessons Study Learning Community dalam pembelajaran micro teaching melalui pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan perekaman. Teknik analisis data dilakukan melalui teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini akan dipaparkan berdasarkan persentase angka- angka yang mengacu pada data observasi dan analisis rekaman video saat pembelajaran berlangsung. Aktivitas pembelajaran daring pada pembelajaran micro teaching melalui model Lessons Study Learning Community yang ditinjau berdasarkan 3 kegiatan, yaitu; kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar mahasiswa dalam melaksanakan pembelajaran daring pada pembelajaran micro teaching dapat dikatakan berhasil. Persentasi keberhasilan selalu naik. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata aktivitas pembelajaran mahasiswa melalui model Lessons Study Learning Community dapat dikategorikan cukup tinggi. Kemampuan mahasiswa dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup pembelajaran ini cukup tinggi. Tingkat aktivitas mahasiswa dapat dikategorikan tinggi, tidak lepas dari peran kolaborasi dosen dan mahasiswa dalam menyelenggaran pembelajaran, mulai dari perencanaan (plan), pelaksanaan (do), sampai evaluasi (see). Ketiganya terintegrasi pada kegiatan lesson study.