RESPONS SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DALAM PEMBELAJARAN TEKS TANGGAPAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Sahriani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Munirah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Marwiah Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

respons siswa, metode pembelajaran, diferensiasi, teks tanggapan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan metode pemmbelajaran diferensiasi yang efektif dalam pembelajaran teks tanggapan berbasis kurikulum merdeka siswa VII SMP Negeri 1 Takalar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Model yang digunakan adalah 4D yang meliputi tahapan pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Validasi dari dua ahli materi bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan angket. Tahap uji coba kelompok terbatas 1 kelas A berjumlah 31 siswa dan Uji coba keompok besar ini melibatkan 2 kelas, yaitu kelas B dan C, untuk kelas B terdiri dari 29 siswa dan kelas C terdiri dari 31 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran diferensiasi dalam pembelajaran teks tanggapan berbasis kurikulum merdeka yang dikembangkan sudah valid tanpa revisi. Keefektifan metode pembelajaran yang digunakan dinilai berdasarkan skor yang diperoleh siswa atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan pada penggunaan metode diferensiasi, yang dapat dijawab dengan skor rata-rata 91% siswa memperoleh nilai memuaskan, sehingga dinilai sangat efektif. Metode pembelajaran diferensiasi juga dinilai sangat menarik dengan persentase sebesar 92,7. Hasil respons siswa pada uji coba terbatas dengan metode pembelajaran diferensiasi dalam kategori sangat baik. setiap aspek penilaian mencapai nilai skor rata-rata 35.5 dengan persentase 88.8%. Hasil respons siswa pada uji coba kelompok besar setiap aspek penilaian mencapai nilai skor rata-rata 35,7 dengan persentase 89,4 yang menunjukkan bahwa bahwa metode pembelajaran diferensiasi dalam kategori sangat baik.

Downloads

Published

2023-12-28