KARTU KEGIATAN SEBAGAI MEDIA PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN BERBASIS MODEL JIGSAW UNTUK MENCAPAI KEBERHASILAN BELAJAR
Keywords:
kartu kegiatan, karakter disiplin, model Jigsaw, keberhasilan belajarAbstract
Pembinaan karakter kepada generasi milenial diperlukan strategi yang memungkinkan karakter itu terbentuk. Disiplin merupakan salah satu sikap karakter yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan. Strategi lisan untuk meminta mahasiswa tepat waktu kurang sesuai lagi. Melalui kartu kegiatan dapat membantu upaya pembinaan karakter disiplin mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bahwa kartu kegiatan sebagai upaya pembinaan karakter disiplin berbasis model jigsaw untuk mencapai keberhasilan belajar. Penelitian deskriptif kualitiatif ini dilakukan dengan lembar pengamatan. Subjek penelitiannya mahasiswa semester 2. Analisis dilakukan secara kualitatif. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa mengerjakan tugas secara kelompok, kemudian hasilnya di tempel, dan saling bergantian untuk membaca dan memberi tanggapan atas tulisannya. Hal ini dilakukan secara bergantian dengan teknik kunjung teman. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dengan kartu kegiatan menunjukkan perubahan yang signifikan. Semua mahasiswa melakukan aktivitas dengan sintaks model jigsaw dengan durasi waktu yang telah ditentukan, memanfaatkan gawai untuk mengikuti aktivitas belajar. kemampuan berkomunikasi lebih lancar, kemampuan berpikir lebih baik, disiplin yang dimiliki terbangun, berkembang karakter lain, seperti tanggung jawab, peduli, saling menghargai, tertib, kerja sama, dan prestasi belajar meningkat.