MEMAKSIMALKAN KETERAMPILAN MENULIS ILMIAH MELALUI LAYANAN SITASI ELEKTRONIS
Keywords:
keterampilan menulis, perkuliahan menulis, menulis ilmiah, sitasi, mahasiswa, pendidikan bahasa dan sastra IndonesiaAbstract
Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dituntut memiliki keterampilan dalam menulis. Berbagai mata kuliah kepenulisan dibekalkan kepada mahasiswa guna menunjang salah satu keterampilan berbahasa produktif tersebut, tidak terkecuali mata kuliah Menulis Ilmiah. Di Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Semarang, mata kuliah Menulis Ilmiah pun telah menjadi mata kuliah yang ditawarkan bagi mahasiswa di luar prodi dalam program Merdeka Belajar: Kampus Merdeka (MBKM). Salah satu unsur penting yang dituntutkan kepada mahasiswa, baik dalam perkuliahan kepenulisan ilmiah maupun perkuliahan pada umumnya, adalah keterampilan mengkreasi referensi didasarkan pada sitasi (hasil nukilan/kutipan ahli/peneliti lain) yang dirujuk dalam tulisan. Guna mendukung hal ini, mahasiswa perlu terus-menerus berlatih dalam penguasaan dan pengoptimalan platform sitasi digital daring yang bebas akses (dapat diakses manasuka), di antaranya: Google Scholar, DOAJ, Crossref, BASE, dan lain-lain, sehingga keterampilan dan bahkan kelihaian mereka dalam menulis dapat terasah sedemikian rupa.