PENGUATAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT DAYAK HALONG DAN URGENSINYA SEBAGAI MUATAN PENDIDIKAN

Authors

  • Hestiyana Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)

Keywords:

nilai karakter, cerita rakyat, suku Dayak Halong

Abstract

Karya sastra memiliki peran dalam penguatan nilai-nilai karakter dan memiliki potensi yang besar untuk membawa masyarakat ke arah perubahan karakter, terutama perannya sebagai muatan pendidikan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan nilai-nilai karakter dalam cerita rakyat suku Dayak Halong dan urgensinya sebagai muatan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini, yakni cerita rakyat suku Dayak Halong yang sudah terdokumentasikan dan hasil wawancara dengan tokoh adat suku Dayak Halong Balangan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik wawancara dan studi pustaka, sedangkan dalam menganalisis data digunakan teknik analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam cerita rakyat suku Dayak Halong sarat akan penguatan nilai-nilai karakter yang mampu membentuk pendidikan moral anak, yaitu: (1) nilai karakter religius, (2) nilai karakter jujur, (3) nilai karakter toleransi, (4) nilai karakter kerja keras, (5) nilai karakter kreatif, (6) nilai karakter bersahabat atau komunikatif, (7) nilai karakter cinta damai, (8) nilai karakter peduli lingkungan, (9) nilai karakter peduli sosial, dan (10) nilai karakter tanggung jawab. Penguatan nilai-nilai karakter ini dapat diterapkan pada konteks muatan pendidikan, baik formal maupun informal. Dengan penguatan nilai-nilai karakter dalam cerita rakyat suku Dayak Halong, diharapkan mampu membentuk kepribadian karakter yang mengarah pada pembentukan karakter bangsa yang berbudaya.

Downloads

Published

2023-12-28 — Updated on 2023-12-28