PEMANFAATAN DONGENG PADA KEGIATAN APERSEPSI PEMBELAJARAN SDN 3 KEDUNG JEPARA

Authors

  • Azzah Nayla Universitas PGRI Semarang
  • Setia Naka Andrian Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fatimah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

apersepsi, dongeng, SDN 3 Kedung Jepara

Abstract

Apersepsi pembelajaran merupakan kegiatan pembelajaran awal yang sangat penting untuk menumbuhkan sikap antusiasme menerima pembelajaran di kelas. Salah satu kegiatan apersepsi tersebut dapat memanfaatkan cerita dongeng. Dalam kegiatan menceritakan dongeng juga menjadi cara yang ampuh untuk mempermudah mereka memahami akan informasi yang diperoleh. Dalam kegiatan mengisahkan cerita dongeng, maka perlu diadakan kegiatan yang lebih menarik dan interaktif agar siswa sekolah dasar tertarik untuk mendengarkan cerita dongeng. Para Guru SDN 3 Kedung Jepara dalam menceitakan dongeng dibutuhkan beberapa keterampilan dalam mendongeng terutama pada kegiatan apersepsi pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan cerita dongeng pada kegiatan apersepsi pembelajaran sebagai sarana penanaman pendidikan karakter siswa SDN 3 Kedung Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan melalui angket bagi guru SDN 3 Kedung Jepara. Para guru memanfaatkan cerita dongeng yang berkaitan dengan cerita para nabi. Para siswa SDN 3 Jepara sangat menyukai dongeng terutama dengan dongeng para nabi. Jadi ketika para guru memanfaatkan cerita para nabi untuk dijadikan cerita dongeng pada apersepsi pembelajaran sehinnga para siswa tertarik, semangat, senang, bahkan fokus sebelum pembelajaran inti dilaksanakan. Jika para siswa tertarik, semangat, senang, bahkan fokus pada awal pembelajaran, maka pada proses pembelajaran berikutnya baik inti maupun penutupan, siswa akan mudah menerima materi yang diberikan oleh guru.

Downloads

Published

2023-12-31