Penguatan Gerakan Literasi dengan Aplikasi Si CAKAP (Siswa Cerdas Berkarakter Kependudukan)

Authors

  • Senirah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

GLS, Aplikasi Si CAKAP

Abstract

Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai perlu mendapatkan penguatan. Peserta didik pada saat kegiatan literasi berlangsung 15 menit sebelum KBM tidak semua menuangkan hasil yang dibaca pada jurnal literasi. Peserta didik cenderung sekadarnya saja dalam menuliskan resume terhadap buku nonpelajaran yang mereka baca. Pembiasaan budaya literasi yang dikemas belum mampu menghasilkan karya dengan maksimal. Tujuan adanya penguatan literasi melalui aplikasi berbasis website Si CAKAP (Siswa Cerdas Berkarakter Kependudukan) ini adalah untuk membudayakan literasi dikalangan peserta didik. Konon, peserta didik lebih asyik dengan gadget-nya pada saat kegiatan berlangsung. Oleh karena dengan memaksimalkan gadget maka aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media literasi yang menyenangkan bagi peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain ekserimen. Adapun hasil dari penerapan aplikasi Si CAKAP ini mampu meningkatkan pemahaman terkait beberapa konten materi di antaranya tentang anti-bullying, literasi, kekerasan, Kesehatan reproduksi remaja, pengetahuan napza. Produk lainnya adalah peserta didik mampu mengembangkan konten dalam cerpen, puisi terangkum dalam pohon puisi dan poster yang ditampilkan dalam pojok baca setiap kelas ada pula yang berupa barcode.

Downloads

Published

2025-02-13