Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan pada Teks Berita Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 6 Salem

Authors

  • Bangkit Kusuma Yudha Universitas PGRI Semarang
  • Ika Septiana Universitas PGRI Semarang
  • Hadi Riwayati Utami Universitas PGRI Semarang

Keywords:

kesalahan berbahasa, kesalahan ejaan, teks berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan ejaan (kesalahan penggunaan huruf, kesalahan penulisan kata, kesalahan penggunaan tanda baca, dan kesalahan penulisan unsur serapan) peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Salem. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui seberapa paham peserta didik dalam penggunaan ejaan. Hal ini dilakukan karena penggunaan ejaan memang penting untuk diterapkan dalam sebuah tulisan agar menjadi lebih beragam. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data kesalahan penulisan ejaan peserta didik dan melakukan analisis kesalahan ejaan. Hasil penelitian meunjukan bahwa kesalahan penulisan ejaan yang dilakukan oleh peserta didik masih banyak ditemukan. Adapun jenis kesalahan yang ditemukan antara lain, (1) kesalahan penggunaan huruf, (2) kesalahan penulisan kata, (3) kesalahan penggunaan tanda baca, dan (4) kesalahan penulisan unsur serapan.

Downloads

Published

2025-02-13