Penerapan Model Circuit Learning dalam Pembelajaran Daring Menulis Teks Persuasif dengan Metode Daring pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Tarbiyatus Shibyan Juwana Pati Tahun Pelajaran 2023/2024
Keywords:
model Circuit Learning, menulis teks persuasiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Circuit Learning dalam pembelajaran menulis teks persuasi pada peserta didik kelas VIII MTS Tarbiyatul Shibyan Juwana Pati tahun pelajaran 2023/2024. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif bersifat induktif. Teknik penyajian hasil analisis data dilakukan secara kualitatif. Penyajian hasil analisis data yaitu menganalisis dan mendiskripsikan tentang penerapan model Circuit Learning dalam pembelajaran menulis teks persuasi pada peserta didik kelas VIII MTS Tarbiyatul Shibyan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Circuit Learning kepada pendidik dalam pembelajaran menulis teks persuasi mendapatkan respon positif sehingga berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pembelajaran yang direncanakan. Peserta didik menjadi lebih mudah dalam menuangkan gagasan atau imajinasinya melalui tulisan atau puisi. Model Circuit Learning dapat membantu peserta didik dalam menulis teks persuasi dikarenakan rata-rata nilai yang didapat peserta didik sebesar 82 yang menunjukan bahwa pembelajaran menulis puisi sudah tercapai dengan baik. Peserta didik mengikuti langkah-langkah pembelajaran daring dengan baik. Peserta didik mengikuti kegiatan pembelajaran seperti: pendahuluan, inti dan penutup. Selain itu, sebagian besar peserta didik menjadi lebih aktif merespons melalui WhatsApp Group.