Analisis Fakta Cerita pada Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata sebagai Alternatif Pembelajaran Sastra di SMA
Keywords:
fakta cerita, novel Orang-Orang Biasa, pembelajaran sastra SMAAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) untuk mendeskripsikan fakta cerita yang terdapat pada novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata; dan 2) untuk mendeskripsikan pemanfaatan fakta cerita yang terdapat pada novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata sebagai alternatif pembelajaran sastra di SMA. Pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data adalah teks novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata. Wujud data berupa data tulis, yaitu kata, frasa, kalimat, dan hasil analisis fakta cerita yang terdapat pada novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata sebagai alternatif pembelajaran sastra di SMA. Teknik pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Teknik penyajian hasil analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil analisis novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata memiliki struktur faktual karakter, alur, dan latar. Struktur faktual karakter dicerminkan oleh tokoh-tokoh yang sering muncul dalam cerita. Struktur faktual alur yang terdapat dalam cerita, yaitu: tahap situation, tahap generating circumstances, tahap rising action, tahap klimaks, dan tahap penyelesaian. Struktur faktual latar yang terdapat dalam cerita, yaitu: latar tempat, latar waktu, dan latar sosial. Pemanfaatan fakta cerita
yang terdapat pada novel Orang-Orang Biasa karya Andrea Hirata sebagai alternatif pembelajaran sastra di SMA, dapat dilakukan melalui perencanaan pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa novel Orang-
Orang Biasa karya Andrea Hirata memiliki fakta cerita berupa struktur faktual karakter tokoh yang dicerminkan dalam cerita, struktur faktual alur, dan struktur faktual latar yang dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran sastra di SMA melalui perencanaan pembelajaran.