KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP KOMPETENSI MENENTUKAN GAGASAN POKOK PARAGRAF TEMA 1 KELAS V SDN BANYUBIRU 01 KABUPATEN SEMARANG

Authors

  • Eko Nur Fatoni Universitas PGRI Semarang
  • Suyitno YP Universitas PGRI Semarang
  • Filia Prima Artharina Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Contextual Teaching Learning, Keefektifan

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang rendahnya kompetensi menentukan gagasan pokok paragraf yang dialami siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching Learning. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental dengan desain penelitian One Grup Pretest-Posttest karena hanya menggunakan satu kelas saja, jadi peneliti menggunakan desain ini dengan harapan hasil posttest akan lebih baik dari hasil pretest setelah adanya pemakaian model pembelajaran Contextual Teaching Learning. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah berupa nilai postes yang lebih besar daripada pretest serta diperoleh nilai Lhitung 0,166 dengan taraf signifikan 5%, n= 37 dan diperoleh Ltabel 0,145. Karena Lhitung< Ltabel maka 0,081< 0,145 artinya data berdistribusi normal, jadi data nilai posttest berasal dari sample dari populasi yang berdistribusi normal. Hal tersebut berarti model Contextual Teaching Learning efektif terhadap kompetensi menentukan gagasan pokok paragraf siswa kelas V SDN Banyubiru 02 Kabupaten Semarang.

Downloads

Published

2020-06-15