LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA LITERASI ANAK AUTIS

Authors

  • Ika Septiana Universitas PGRI Semarang

Keywords:

lingkungan, media literasi, anak autis, peningkatan berbahasa

Abstract

Setiap anak memiliki dunia masing-masing. Anak merasa aman dan nyaman berada di tempat yang disukai. Keberadaan dan kenyamaanan tersebut dapat membantu perkembangan anak. Termasuk anak autis yang sering asik dan suka dengan dunianya sendiri. Anak merasa nyaman dengan apa yang dilakukan bahkan tidak menghiraukan orang yang ada di sekitarnya. Lingkungan tempat anak tinggal memberikan pengaruh perkembangan anak, baik lingkungan keluarga, sekolah, atau lingkungan masyarakat. Anak autis memanfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitar sebagai media litersi. Hal itu terkadang dilakukan secara sadar atau tidak sadar anak melakukan kegiatan literasi menggunakan media lingkungan. Tujuan tulisan ini adalah mendeskripsikan lingkungan sebagai media literasi anak autis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara anak autis.

Downloads

Published

2020-06-15