ANALISIS PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK PADA USIA 3-4 TAHUN

Authors

  • Jesiska Destiyani Universitas PGRI Semarang
  • Dwi Prasetyowati DH Universitas PGRI Semarang
  • Purwadi - Universitas PGRI Semarang

Keywords:

perkembangan motorik, usia 3-4 tahun

Abstract

Perkembangan motorik merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam perkembangan individu secara keseluruhan. Pada dasarnya, perkembangan motorik sangat dipengaruhi oleh organ otak yang berkembang secara beriringan dengan proses pertumbuhan secara genetis atau kematangan fisik anak. Perkembangan motorik anak akan lebih teroptimalkan jika lingkungan tempat tumbuh kembang anak mendukung mereka untuk bergerak bebas. Perkembangan motorik berbeda tingkatannya pada setiap individu. Pada artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan motorik anak usia 3-4 tahun. Metode yang digunakan pengumpulan data berupa studi kepustakaan. Metode yang dapat mempelajari berbagai buku referensi serta hasil penelitian sebelumnya yang sejenis. Berdasarkan deskripsi perkembangan motorik usia 3-4 tahun tersebut mengenai tahap-tahap perkembangan motorik anak dan juga berbagai hal yang dilakukan untuk menstimulasi perkembangan motorik anak. Secara teori, dapat disimpulkan bahwa perkembangan motorik anak akan berkembang seiring dengan pengalaman yang di peroleh oleh anak selama beraktifitas di lingkungan yang mendukung kegiatannya untuk bergerak secara bebas.

 

Author Biographies

Dwi Prasetyowati DH, Universitas PGRI Semarang

Pendididikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Purwadi -, Universitas PGRI Semarang

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Downloads

Published

2019-12-06

Issue

Section

Articles