EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN THINK PAIR SHARE BERBANTU E-MODUL BERVIDEO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SMK

Authors

  • Aditiya Eka Saputra Prodi Pendidikan Matematika FPMIPATI Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Jigsaw Learning, Think Phair Share, E-modul bervideo, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah (KPM) siswa dengan Jigsaw berbantuan E-modul bervideo,Think Pair Share (TPS) berbantuan E-modul bervideo, dan pembelajaran konvensional; (2) ketuntasan KPM siswa antara Jigsaw berbantuan E-modul bervideo, TPS berbantuan E-modul bervideo, dan pembelajaran konvensional; serta (3) pengaruh motivasi belajar terhadap KPM. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan di SMK PGRI Wirosari. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X. Melalui cluster random sampling terpilih sampel penelitian yaitu kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen 1, X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen 2, dan X TOSM 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes KPM, dan angket motivasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan statistik. Uji statistik yang digunakan ANAVA, Uji Scheffe‘, Uji Regresi dan Uji Ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan pada taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan pembelajaran Jigsaw dan TPS berbantu E-modul bervideo efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMK. Lebih lanjut hasil penelitian dapat diuraikan (1) ada perbedaan KPM antara Jigsaw berbantuan E-modul bervideo, TPS berbantuan E-modul bervideo, dan pembelajaran konvensional; (2) KPM siswa Jigsaw berbantuan E-modul bervideo, TPS berbantuan E-modul bervideo, lebih baik daripada model konvensional; (3) KPM siswa Jigsaw berbantuan E-modul bervideo lebih baik dibanding kelas TPS berbantuan E-modul bervideo; (4) ada hubungan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan KPM; (5) ketuntasan belajar individual dan klasikal kelas Jigsaw  dan TPS tercapai.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Saputra, A. E. (2019). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN THINK PAIR SHARE BERBANTU E-MODUL BERVIDEO TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SMK. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 85–99. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/43

Issue

Section

Articles