PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DENGAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DI SMK

Authors

  • Ekiningsih Ekiningsih Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
  • Achmad Buchori Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang
  • Irkham Ulil Albab Fakultas Pendidikan MIPA dan Teknologi Informasi, Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Mobile Learning, Pendekatan PMRI, Fungsi Komposisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran mobile learning dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi fungsi komposisi ditinjau dari hasil belajar siswa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media pembelajaran valid (layak) digunakan  dilihat dari hasil uji validasi oleh ahli media, ahli materi, ahli desain, dan respon siswa dengan kriteria baik, yaitu untuk ahli media diperoleh 88%, ahli materi pembelajaran 78%, ahli desain pembelajaran 92% . Media pembelajaran tersebut praktis untuk digunakan dilihat dari respon siswa sebesar 83% . Media pembelajaran efektif digunakan dilihat dari hasil analisis data akhir yang menunjukkan bahwa rerata pada kelas eksperimen sebesar 82.85 dan rerata pada kelas kontrol sebesar 70.03 dengan  serta . Untuk  dan , maka  ditolak. Jadi prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan data tersebut media pembelajaran Mobile Learning dengan pendekatan PMRI pada materi fungsi komposisi efektif ditinjau dari hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Ekiningsih, E., Buchori, A., & Albab, I. U. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING DENGAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DI SMK. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 246–255. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/64

Issue

Section

Articles