EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

Authors

  • Linda Kusuma Isnaini FPMIPATI, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Intan Indiati FPMIPATI, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Sugiyanti Sugiyanti FPMIPATI, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

Keywords:

Eksperimentasi, Bamboo Dancing, Hasil Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dan konvensional ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain eksperimen factorial design 3x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Melalui cluster random sampling terpilih sampel penelitian yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen, serta kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik. Uji statistik yang digunakan adalah Anava Dua Jalur dengan Sel Tak Sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% yaitu (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang memperoleh model pembelajaran bamboo dancing dan model pembelajaran konvensional; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang, dan rendah; (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan komunikasi matematis.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Isnaini, L. K., Indiati, I., & Sugiyanti, S. (2019). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 362–369. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/79

Issue

Section

Articles