DESAIN PEMBELAJARAN UKURAN PEMUSATAN DATA MENGGUNAKAN KONTEKS GAME RATING

Authors

  • Septian Dwi Angga FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
  • Widya Kusumaningsih FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang
  • Irkham Ulil Albab FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Ukuran Pemusatan Data, Mean, Median, Modus, Game Rating, Design Research

Abstract

Banyak guru merasa kesulitan dalam mengajar statistika khususnya pada ukuan pemusatan data seperti mean, median dan modus. Rata-rata guru hanya memberikan penjelasan berupa definisi daripada menggambarkan atau memberikan contoh kegiatan nyata yang behubungan dengan statistika pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dalam membantu siswa memahami konsep ukuran pemusatan data. HLT pada penelitian ini memegang peran yang sangat penting sebagai desain dan instrumen utama dalam penelitian, sehingga penelitian ini menggunakan metode design research. Pada design research ada 3 fase yaitu: 1) preliminary design, 2) design experiment dengan 2 tahap yaitu pilot experiment yang melibatkan 6 siswa dari kelas VIII B dan dilanjutkan teaching experiment yang melibatkan 25 siswa dari kelas VIII C,. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negri 3 Ungaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII. Kegiatan pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan konteks game rating. Hasil penelitian menunjukkan bahwa HLT dapat membantu siswa 1) menemukan sendiri bagaimana menghitung mean, median dan modus melalui bentuk representasi matematis, 2) menemukan sendiri konsep ukuran pemusatan data, 3) menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan konsep ukuran pemusatan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui serangkaian aktivitas yang telah dilakukan membantu siswa dalam pembelajaran ukuran pemusatan data.

Downloads

Published

2019-08-20

How to Cite

Angga, S. D., Kusumaningsih, W., & Albab, I. U. (2019). DESAIN PEMBELAJARAN UKURAN PEMUSATAN DATA MENGGUNAKAN KONTEKS GAME RATING. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4, 393–399. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/85

Issue

Section

Articles