RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI INVENTARIS BARANG DI KANTOR BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN PATI BERBASIS WEBSITE

Authors

  • Meyta Kharisma Dina Putri Universitas PGRI Semarang
  • Noora Qotrun Nada Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Sistem informasi, Inventaris, Codeigneter,PHP,MySQL,ADDIE, Website, BPS

Abstract

Berbagai informasi dan pengelolaan manajemen suatu instasi saat ini sangat memungkinkan untuk bisa dikembangkan menjadi sistem yang mengandalkan kemajuan teknologi. Salah satu di antaranya adalah bidang teknologi informasi dan pengelolaan data. Saat ini suatu bentuk informasi dan data bisa dibuat sesuai dengan apa yang kita inginkan dan banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkannya. Perkembangan teknologi yang begitu pesatnya menuntut suatu instansi pemerintah maupun instansi swasta untuk memperoleh informasi yang lebih cepat,efisien,dan efektif. Untuk mewujudkan informassi yang demikian diperlukan sebuah sistem yang dapat menangani berbagai pengolahan data dengan menggunakan teknologi informasi. Rancang bangun sistem informasi barang di kantor BPS kabupaten Pati , perangkat lunak ini bertujuan untuk memudahkan setiap mendata barang inventaris yang ada di kantor. Pembangunan sistem ini berbasis website dengan pendekatan metode ADDIE. Selain itu dalam pengembangan website ini juga  menggunakan framework codeigneter, bahasa pemprograman PHP dan MYSQL sebagai database, menggunakan software XAMPP, dan text editor sublime.dalam pembangunan website ini diharapkan admin dapat melakukan fungsi dari pengelolaan barang seperti menghapus data,mengedit data,melihat datta, dan menambah atau menyimpan data inventaris barang di kantor BPS Kabupaten Pati. Sehingga itu dapat mempermudah intansi dalam pengelolaan data barang dengan efisien dan efektif.

References

[1] Prasetyo, W. D. (2017). Sistem Informasi Inventaris Desa berbasis Web. Electronic These and Dissertations Universitas Muhammadiyah Surakarta, 21.
[2] Prehanto, Dedy Rahman. "Rancang Bangun Sistem Informasi Inventarisasi Peralatan dan Bahan Laboratorium Berbasis Web di Jurusan Teknik Elektro Unesa." Jurnal Manajemen Informatika 4.01 (2015).
[3] Indiharto, Raden Adhiyaksa, Atiqah Meutia Hilda, and Arry Avorizano. "Perancangan Sistem Informasi Inventory Barang Berbasis Web pada Perusahaan Pergudangan." Prosiding Seminar Nasional Teknoka. Vol. 1. 2016.
[4] Andani, Indah Setia, and Diana Laily Fithri. "Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Inventaris Barang pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kudus." Prosiding SNATIF (2016): 269-276.
[5] Prasetyo, H., & Saputro, N. D. (2019). Sistem Informasi Inventaris Kantor Berbasis Web Di Badan Pusat Statistik Kabupaten Jepara. Sens 4, 4(Sens 4),280–287.

Downloads

Published

2021-01-11

Issue

Section

Articles