ANALISA PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA AKTUAL PADA PEKERJAAN KOLOM DENGAN ANALISA HARGA SATUAN PEKERJAAN (AHSP)

Authors

  • Aris Setiawan Universitas PGRI Semarang
  • Arief Sulaksono
  • Putri Anggi Permata Suwandi
  • Ibnu Toto Husodo

Abstract

ABSTRAK

Produktivitas pekerja menentukan keberhasilan pelaksanaan jadwal proyek konstruksi, karena berdampak pada kesesuaian antara perencanaan jadwal pekerjaan konstruksi dengan proges pekerjaan yang ada dilapangan. Pekerjaan kolom merupakan pekerjaan utama pada proyek pembangunan Gedung Institut Teknologi Telkom Purwokerto sehingga penting untuk dianalisis dan dicari koefisien produktivitasnya.

Penelitian ini dibuat bertujuan untuk menganalisis produktivitas tenaga kerja aktual pada proyek pembangunan Gedung Institut Teknologi Telkom Purwokerto pada pekerjaan struktur kolom yang nantinya akan dibandingkan dengan koefisien tenaga kerja pada Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Time Study. Metode Time Study adalah metode pengukuran produktivitas tenaga kerja dilapangan dengan cara menentukan waktu standart (standard time) suatu pekerjaan. Standard time diperoleh dari pengamatan dan pada pengamatan akan diukur nilai basic time nya dan diolah menjadi standard time yang digunakan untuk mencari nilai produktivitas tenaga kerja.

Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata koefisien tanaga kerja aktual pada pekerjaan penulangan kolom adalam 0,0594 kg/OH. Untuk pekerjaan bekisting kolom adalah 0,0284 m2/OH dan untuk pekerjaan pengecoran kolom adalah 0,3228 m3/OH. Sedangkan nilai koefisien pekerjaan penulangan kolom, bekisting kolom, dan pengecoran kolom pada AHSP adalah 0,07 10kg/OH, 0,066 m2/OH, dan 1,650 m3/OH. Dari perbandingan antara koefisien tenaga kerja aktuial dengan yang ada pada Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP), koefisien tenaga kerja aktual dilapangan lebih efektif.

Downloads

Published

2021-01-07

Issue

Section

Articles