ANALISA PENGARUH VARIASI SUHU TERHADAP HASIL DARI PRODUK MICRO INJECTION MOLDING PADA PEMBUATAN SAUCE CUP BERBAHAN POLYPROPYLENE (PP)

Authors

  • Brian Pradika universitas pgri semarang
  • Slamet Supriyadi
  • Aan Burhanuddin

Abstract

ANALISA PENGARUH VARIASI SUHU TERHADAP HASIL DARI PRODUK MICRO INJECTION MOLDING PADA PEMBUATAN SAUCE CUP BERBAHAN POLYPROPYLENE (PP)

 

B.Pradika1, S.Supriyadi2, A.Burhanudin3

1,2,3 Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Informatika, Universitas PGRI Semarang

Gedung Pusat Lantai 3, Kampus I Jl. Sidodadi Timur 24, Semarang

Email: Brian.pradika@gmail.com

 

Abstrak

            Proses injection molding merupakan proses yang paling banyak digunakan dalam memproduksi produk plastik. Teknik injection molding harus dapat memenuhi permintaan sebuah produk yang berkualitas tinggi, namun tetap ekonomis dari segi harga. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas suatu produk yaitu suhu pemanasan bahan baku plastik, karena suhu yang tidak tepat dapat menghasilkan cacat pada produknya. Oleh karena itu pada penelitian ini, peniliti akan melakukan eksperimen untuk menganalisis pengaruh variasi suhu terhadap hasil dari produk micro injection molding untuk pembuatan sauce cup dengan bahan plastik jenis Polypropylene. Sauce Cup yang diinjeksi pada suhu 200℃ menggunakan mesin micro injection molding, menghasilkan kualitas produk yang lebih baik dibandingkan temperatur 180℃, 190℃, dan 210℃. Sehingga semakin rendah suhu injeksi terhadap suhu leleh maka kecenderungan cacat yang terjadi semakin besar karena jenis plastik yang mudah membeku saat diinjeksikan. Adapun cacat yang terjadi pada proses injeksi molding adalah sink mark, flashing, weld mark dan short-shot.

 

Kata kunci:  Injection Molding, Cacat, Variasi Suhu, Polypropylene.

Downloads

Published

2021-01-20

Issue

Section

Articles