PENGEMBANGAN UI/UX DESIGN STUDI KASUS APLIKASI CAMPAIGN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Authors

  • Muhammad Shidqi Hadafi Universitas PGRI Semarang
  • Bambang Agus Herlambang Universitas PGRI Semarang

Abstract

Campaign.com mempunyai platform sosial yang menghubungkan antara organisasi, pendukung dan sponsor mereka peduli dengan isu-isu sosial. Pada aplikasi Campaign ini pengguna akan memilih challenge yang kemudian dari setiap challenge yang telah diselesaikan akan diubah menjadi donasi. Pengguna aplikasi Campaign ini hanya dapat mengambil aksi, memberikan komentar, atau membaca artikel yang ada di aplikasi Campaign. Hal ini dapat menyebabkan pengguna aplikasi Campaign merasa bosan. Dalam pengembangan aplikasi Campaign menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari 5 tahap yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Testing. Setelah dilakukan pengembangan aplikasi Campaign yang dilengkapi fitur gamification dengan mendapat point dan exp Ketika mengambil aksi atau menyelesaikan challenge. Setelah melakukan pengembangan aplikasi dengan menambah fitur gamification diharapkan dapat menjawab permasalahan berdasarkan pain point. Secara keseluruhan, implementasi metode Design Thinking telah meghasilkan pengembangan UI/UX yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Kata Kunci: Design Thinking, UI/UX Design, Gamification

Downloads

Published

2022-02-24

Issue

Section

Articles