PERANCANGAN UI/UX PADA PROTOTYPE APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN ONLINE SMARTER

Authors

  • Sukma Darmawan Universitas PGRI Semarang

Abstract

Aplikasi perangkat lunak berbasis mobile merupakan kebutuhan yang sangat dibutuhkan dalam masa pandemic covid-19 ini. Apalagi tempat kursus yang di masa pandemi covid-19 ini tidak dapat membuka kurusnya. Kendala tersebut merupakan latar belakang pengembangan aplikasi Smarter. Smarter adalah aplikasi perangkat lunak berbasis mobile berisi tentang kurus online dimana pengguna dapat mendapatkan setifikat dengan menyelesaikan pembelajaran sesuai dengan materi di dapatkan. Design Process adalah proses iterasi desain untuk dapat menigkatkan usability dan interface desain yang lebih optimal. Design Process memiliki beberapa proses, salah satunya Design Thinking. Design Thinking adalah sebuah metode desain produk berbasis inovasi yang bertumpu pada pencarian solusi untuk menyelesaikan permasalahan dalam desain produk tertentu. Dalam Design Thinking memiliki beberapa tahapan yaitu Empathise, Define, Ideate, Prototype, Testing. Emphatise atau empati dengan pengguna. tahapan emphatise harus mengenal dan memahami keinginan, kebutuhan, serta apa tujuan users ketika menggunakan aplikasi Smarter. Define yaitu mendefinisikan masalah. Di tahap define membuat daftar apa saja yang dibutuhkan users. tahap Ideate membuat daftar yang dibutuhkan users menjadi solusi atau ide yang nantinya dimasukkan ke dalam desian UI/UX aplikasi Smarter. Prototype adalah sebuah metode dalam pengembangan produk dengan cara membuat rancangan, sampel, atau model dengan tujuan pengujian konsep atau proses kerja dari aplikasi Smarter. Prototype dibuat untuk kebutuhan awal development software dan untuk mengetahui apakah fitur dan fungsi dalam program berjalan sesuai dengan kebutuhan yang telah direncanakan. Di tahap testing ini aplikasi Smarter di uji cobakan ke users.Pengembangan aplikasi menggunakan Desain Thinking dapat digunakan untuk pembuatan desain UI atau User Interface dan UX atau User Experience yang mengakomodir kebutuhan pengguna. Penerapan metode mulai dari proses Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test pada Desain UI/UX aplikasi Smarter berbasis Mobile sangat membantu pengembang sistem untuk menghasilkan prototipe produk yang sesuai dengan harapan pengguna.

Kata Kunci: UI/UX, Design Process, Design Thinking, Smarter, Emphatise, Define, Ideate, Prototype, Test

Downloads

Published

2022-02-24

Issue

Section

Articles