Kemampuan Berpikir Kritis menggunakanPenerapan Model Problem Based Learning (PBL) danStudent Team Achievementdivision (STAD) Pada Pembelajaran Biologi di SMP Negeri 20 Seluma

Authors

  • Sismayani Sismayani
  • Khairil Khairil
  • Kasmirudin Kasmirudin

Keywords:

Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Student Teams Achievement Division (STAD), kemampuan berpikir kritis, Pembelajaran Biologi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kritis dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Student Teams Achievement Division (STAD) pada pembelajaran biologi di SMP Negeri 20 Seluma. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sebagai sampel penelitian ini adalah kelas eksperimen VIIIB dengan metode Problem Based Learning (PBL) dan STAD serta kelas kontrol VIIIC dengan metode Direct Instruction Learning. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan berfikir kritis biologi siswa. Sebelum analisis data terlebih dahulu dilakukan pengujian prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dilakukan analisis ANAVA satu jalur (One Way Anova) dan dilanjutkan dengan teknik Post hocTukey. Dari hasil penelitian didapatkan : 1. Terdapat perbedaan hasil kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Direct Instruction Learning pada pembelajaran Biologi di SMP Negeri 20 Seluma.2. Terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa dengan penerapan model pembelajaranProblem Based Learning (PBL)danStudent Teams Achievement Division (STAD) serta Direct Instruction Learning, pada pembelajaran Biologi di SMP Negeri 20 Seluma.3. Kemampuan berfikir kritis dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan Student Teams Achievement Division (STAD), hasilnya lebih baik dari pada penerapan dengan model Direct Instruction Learning, pada pembelajaran biologi di SMP Negeri 20 Seluma.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles