Kemampuan Kognitif Belajar Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri danProject Based Learning SMPN 5 Seluma

Authors

  • Efa Melda
  • Kashardi Kashardi
  • Tomi Hidayat

Keywords:

Kemampuan Kognitif,Inkuiri, PjBL, Pembelajaaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan kognitif siswadengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dan Project Based Learning (PjBL) SMPN 5 Seluma. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 5 Seluma yang berjumlah 65 orang siswa yang terbagi ke dalam dua kelas, satu kelas sebagai eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Test Post-Test Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes essai untuk mengukur kemampuan kognitif siswa. Kemudian data dianalisis menggunakan uji One Way Anova.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada perbedaaan yang signifikan kemampuan kognitif siswadengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri danProject Based Learning (PjBL) serta konvensional pada pembelajaran IPA di SMPN 5 Seluma; pembelajaran Inkuiri danProject Based Learning (PjBL) lebih baik dibandingkan dengan model konvensional dalam meningkatkan hasil kognitif siswa pada pembelajaran IPA di SMPN 5 Seluma.Dilihat bahwa rata-rata kemampuan kognitif pada kelas Inkuiri danProject Based Learningrata-ratanya adalah 87.1875serta dan kelaskonvensional mendapat rata-rata 68.2813. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Inkuiri danProject Based Learning (PjBL) lebih baik sehinggadisarankan untuk diterapkan model pembelajaran ini di sekolah.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles