Perbandingan Media Tanam Kulit Kopi dan Kulit Ari Kedelai Terhadap Waktu Pertumbuhan dan Produktivitas Pleurotus ostreatus

Authors

  • Muhammad Jaufani Rahman
  • Eko Retno Mulyaningrum
  • Lussana Rossita Dewi

Keywords:

Media tanam Pleurotus ostreatus, waktu tumbuh badan buah, jumlah badan buah, kulit kopi, kulit ari kedelai

Abstract

Abstrak – Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) merupakan jamur kayu yang tumbuh berderet menyamping pada batang kayu lapuk. Pleurotus ostreatus memiliki tubuh buah yang tumbuh menyerupai kulit kerang (tiram). Media tanam yang umumnya digunakan petani jamur di Indonesia sebagai media pertumbuhan Pleurotus ostreatus adalah serbuk kayu sengon. Penambahan substrat pada media tanam Pleurotus ostreatus biasanya dilakukan dengan menambahkan bahan limbah ke dalam komposisi media tanam. Sejauh ini pemanfaatan limbah pertanian yang potensial layak digunakan sebagai media tanam budidaya jamur pangan semakin terbatas penggunaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media tanam yang berpotensi untuk pertumbuhan dan meningkatkan produktifitas Pleutotus ostreatus. Penilitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 kali ulangan yang telah dilakukan selama 45 hari. Perlakuan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuli kopi dan kulit ari kedelai pada media tanam. Parameter yang diteliti adalah waktu tumbuh badan buah dan jumlah badan buah Pleurotus ostreatus. Hasil penelitian paling baik terdapat pada media tanam P1 dengan komposisi kulit kopi 60% + kayu sengon 10% dengan waktu tumbuh badan buah 36 hsi dan jumlah badan buah 19,5 buah. Sedangkan hasil paling rendah terdapat pada media tanam P0 dengan komposisi kulit kopi 70% dengan waktu tumbuh badan buah 47,5 hsi dan jumlah badan buah 11,75 buah.

 

Kata Kunci : Media tanam Pleurotus ostreatus, waktu tumbuh badan buah, jumlah badan buah, kulit kopi, kulit ari kedelai.

Downloads

Published

2021-11-03

Issue

Section

Articles