Pemanfaatan Media Portal Rumah Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMP Negeri 3 Bengkulu Tengah

Authors

  • Alfathesa Filoza
  • Rusdi Hasan
  • Eva Oktavidiati

Keywords:

Media, Portal, Rumah, Belajar, Kreatif

Abstract

Portal rumah belajar adalah portal yang dibangun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) untuk memfasilitasi ketersediaan materi pembelajaran konten yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik, seperti materi pembelajaran interaktif yang dilengkapi dengan gambar media pendukung, animasi, video, dan simulasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar pada pada pembelajaran biologi SMP Negeri 03 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian adalah Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Desain penelitian yang digunakan Nonequivalent Control Group Desain.. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Bengkulu Tengah tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen memanfaatkan portal rumah belajar dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung, masing-masing kelas berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes essay untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Data dianalisis menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan portal rumah belajar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 03 Bengkulu Tengah, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan portal rumah belajar berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dibandingkan siswa pada kelas dengan model pembelajaran langsung di SMP N 03 Bengkulu Tengah.

Downloads

Published

2019-10-14

Issue

Section

Articles